Ini 8 Makanan Khas yang Asalnya Tidak Terduga

http://www.tipsmenarik.com

TipsMenarik.com – Jakarta – Apakah Anda pecinta hidangan bakso IKEA? Ternyata, bakso Swedia itu berasal dari Turki.

Belakangan, Kerajaan Swedia mengakui bahwa sajian bola daging bersaus, yang biasa disajikan sebagai hidangan tradisional dan menu favorit di kafetaria IKEA di seluruh dunia, sebagai bagian dari tradisi kuliner Turki.

“Bola daging Swedia sebenarnya didasarkan pada resep yang dibawa Raja Charles XII sepulangnya dari Turki, pada awal Abad ke-18,” tulis akun Twitter resmi Kerajaan Swedia.

Makanan khas negara apa saja yang ternyata berasal dari negara lain? Berikut beberapa contoh yang DW kumpulkan untuk Anda:

Köttbullar namanya. Restoran IKEA yang membuat makanan ini terkenal di seluruh dunia. Swedia mengungkapkan bahwa resep hidangan bakso ini berasal dari Turki.

Resepnya dibawa ke negara Skandinavia oleh Raja Charles XII, yang tinggal di pengasingan di zaman Kekaisaran Usmaniyah pada awal Abad ke-18. Tidak seperti di Turki, Swedia – dan IKEA – menyajikan bakso ini dengan kuah dan selai lingonberry.

2. Muffin Inggris: Kreasi orang Amerika

Muffin Inggris sebenarnya tidak berasal dari Inggris. Kreatornya, Samuel Bath Thomas, pindah dari Inggris ke Amerika Serikat pada tahun 1874. Baru setelah melintasi samudra Atlantik ia menciptakan sarapan populer itu, yang dipanggang di atas wajan, bukan di oven.

Muffin Inggris diimpor selama bertahun-tahun ke Inggris dari Amerika Serikat sebelum orang-orang Inggris mulai membuatnya sendiri.

3. Döner Kebab: di antara Jerman dan Turki

Döner Kebab dapat ditemukan di seluruh dunia. Banyak yang bilang, makanan ini berasal dari Jerman. Kadir Nurman, pemilik restoran kelahiran Turki yang tinggal di Berlin, konon adalah orang pertama yang memasukkan daging panggang tradisional Turki ke dalam roti pipih pada 1972.

Meski banyak yang menentang kreasi ini, Nurman telah membantu membuat döner kebab menjadi kuliner Jerman yang mengglobal.

4. Croissant: diimpor ke Prancis

Toko roti Prancis mana yang berani tidak menjual croissant? Kue berbentuk bulan sabit itu identik dengan hidangan Prancis. Tetapi croissant sebenarnya berasal dari “kipferl” Austria.

Kue ini dibawa ke Paris oleh seorang perwira artileri Austria yang mengadaptasinya menjadi croissant. Kipferl adalah kue berbentuk bulan sabit, yang asal-usulnya konon ada di Kekaisaran Usmaniyah.

Bagel hingga Hummus

Bagel emas

5. Fajitas dan chimichangas: bukan dari Meksiko

“Faja” dalam bahasa Spanyol berarti ikat pinggang, dan “fajita” mengacu pada potongan steak daging sapi yang terdapat dalam hidangan ini. Meskipun lazim ditemukan di restoran Meksiko, makanan ini berasal dari negara bagian AS, Texas.

Tex-Mex chimichanga, burrito goreng, juga punya cerita yang serupa. Namun makanan ini tidak berasal dari Texas atau Mexico, melainkan dari Arizona.

6. Bagel: ternyata bukan khas Amerika

Berbentuk bulat dengan lubang di tengah; direbus, kemudian dipanggang: itulah roti bagel yang kita kenal kini. Bagi banyak orang, bagel adalah makanan khas kota New York, atau setidaknya khas Amerika. Namun bagel sebenarnya berakar di komunitas Yahudi Polandia.

Bagel adalah makanan andalan dalam hidangan Yahudi Polandia sebelum mereka membawa roti ini ke AS.

7. Fortune cookies: tidak disajikan di China

Kue yang tipis dan renyah ini berisi angka keberuntungan, kata-kata bijak atau ramalan dan disajikan setelah makan di restoran China hampir di seluruh dunia — namun tidak di China.

Fortune cookies bukan tradisi orang China. Kue kering ini diduga pertama kali dibuat oleh imigran Jepang di California pada akhir Abad ke-19 atau awal Abad ke-20. Kue serupa juga terdapat di beberapa wilayah di Jepang.

8. Hummus: kacang Arab yang kontroversial

Bahan baku hummus dapat dengan mudah diketahui (kacang Arab, tahini, minyak zaitun, lemon, bawang putih, garam), tapi asalnya sama sekali tidak jelas, bahkan kontroversial.

Ketegangan atas asal-usul krim ini bahkan menjadi “Perang Hummus” setelah Lebanon dan Israel mengklaim hummus sebagai sajian khas mereka. Faktanya, hummus dapat ditemukan di manapun di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *