Bagaimana Cara Merawat Motor Sport Kesayangan Anda??

http://www.tipsmenarik.com/

TipsMenarik.com – Bagi sebagian kaum pria, memiliki motor sport jadi impian yang membanggakan. Bagaimana Cara Merawat Motor Sport Kesayangan Anda??

Bagi beberapa orang, memiliki motor gede atau motor jenis sport terlebih lagi motor sport merupakan gaya hidup yang paling disukai. Ukuran yang besar dan desain yang gagah membuat motor sport digemari oleh para lelaki. Meski kini juga banyak perempuan mulai menggemari motor gede.

Nah, buat kalian semua nih yang di dalam garasinya terparkir motor gede dan seeprtinya udah lama nggak dicek keadaanya, yuk rawat motor kebanggaan kalian. Itung-itung isi waktu di hari libur kalian.

1. Cek Mesin

Setiap akan menggunakan motor, pastikan untuk selalu memanasi mesin beberapa menit sebelumnya. Secara berkala, servis mesin motor minimal satu bulan sekali. Selain itu, setiap penggunakaan 15.000 km, lakukan servis penuh pada motor sport Anda.

2. Ganti Oli

Pada penggunaan motor gede injeksi, oli perlu pergantian lebih sering jika dibandingkan dengan motor gede non injeksi. Jadi, selalu cek keadaan oli motor Anda dan ganti oli sekitar 1-2 bulan tergantung pemakaian. Jangan sampai terlambat untuk mengganti oli karena berisiko komponen ring dan piston menjadi lebih cepat rusak.

3. Cek Tekanan Angin

Seberapa sering Anda mengecek tekanan angin pada ban motor? Banyak pengendara yang lupa untuk mengecek tekanan angin, padahal bisa mempengaruhi kenyamanan. Selalu cek tekanan angin pada ban motor dan usahan untuk tetap konstan pada aturan. Tekanan angin yang kurang sedikit saja, efeknya bisa terasa saat Anda riding.

4. Pilih Bahan Bakar Berkualitas

Motor gede biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan motor matic. Sangat disayangkan jika motor mahal diisi bahan bakar bensin bersubsidi mengingat biasanya mesinnya berteknologi terbaru 95. Jadi, sebaiknya gunakan bahan bakar non subsidi atau yang di atas standar agar laju motor tetap prima.

5. Cek Rantai dan Aki Motor

Sebagai komponen penentu motor bisa berjalan, penting bagi pengguna untuk merawat rantai. Mengingat ukuran motor lebih besar, tak ayal jika rantai lebih mengalami kekendoran sehingga penting untuk selalu diberi pelumas. Sementara berhubung motor gede selalu berhubungan dengan listrik, seperti double starter hingga digital analog penunjuk kecepatan dan tarikan gas, selalu perhatikan aki sebagai sumber listrik utama.

Udah beres semua? Yuk gaspol…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *